Serapan Anggaran Kementerian PUPR Baru Capai 69%

Ameidyo Daud Nasution
22 November 2017, 20:42
Menteri PUPR di Tol Bawen Salatiga
Aji Styawan|ANTARA FOTO
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuat "video blogging" atau "Vlog" tentang perkembangan proyek jalan Tol Bawen-Salatiga di Polosiri, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/4).

Hingga saat ini, serapan anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat baru mencapai 69%. Angka tersebut diklaim naik 4,9 persen dibandingkan periode yang sama, tahun lalu.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mengatakan perbaikan ini lantaran lelang dini yang telah dilakukan sejak awal tahun lalu. "Lalu (kontrak) tahun jamak juga diperbaiki," katanya kepada Katadata di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/11).

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan saat ini menjadi eselon I dengan serapan anggaran paling besar yakni mencapai 72%. Adapun Direktorat Jenderal Bina Marga dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air masing-masing serapannya mencapai 69 dan 68%. "Tapi untuk total, kami progres fisiknya mencapai 77%," ujar Anita.

(Baca juga: Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto Bulan Depan)

Hanya, Anita juga menyebut penyerapan anggaran Direktorat Jenderal Cipta Karya merupakan yang paling lambat meski tidak menyebut angkanya. Dirinya beralasan hal ini lantaran proyek Cipta Karya banyak mengandalkan program pemberdayaan masyarakat, sehingga tidak terikat kontrak. "Lalu morfologi kegiatannya banyak yang merupakan bantuan," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...