Golkar Kian Panas, Ical Waspadai Perpecahan Partai

Dimas Jarot Bayu
24 November 2017, 20:59
Golkar
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto dan pimpinan lainnya saat pembukaan Rapimnas II di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (22/5).

Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar menunjukkan sikap tak puas atas hasil rapat pleno yang mempertahankan Setya Novanto sebagai Ketua Umum. Menyikapi hal ini, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical meminta agar seluruh kader menghormati keputusan rapat pleno dan menjaga kesatuan Golkar.

"Kepada kader Partai Golkar di manapun berada menjaga keutuhan untuk kemenangan partai Golkar di saat mendatang," kata Ical di Bakrie Tower, Jakarta, Jumat (24/11).

Untuk mengakomodasi ketidakpuasan atas hasil rapat pleno, Ical mengusulkan diadakan pertemuan antara Dewan Pengurus Pusat (DPP) bersama Dewan Pengurus Daerah (DPD) tingkat I seluruh Indonesia. Pertemuan tersebut untuk memberi penjelasan atas hasil rapat pleno DPP Golkar yang digelar pada Selasa (21/11) lalu.

(Baca: Pimpinan Golkar di Daerah Desak Setnov Dicopot dari Ketua Umum)

Ical mengatakan, DPD I perlu mengetahui hasil dan bagaimana proses dari rapat pleno. Selain mempertahankan Setya Novanto, rapat menunjuk Idrus Marham sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar. "Diberikan penjelasan soal itu serta dijelaskan latar belakang mengambil keputusan semacam itu," kata Bakrie.

Ical mengatakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dapat digelar jika diperlukan untuk mengambil keputusan yang sesuai hasil rapat pleno. "Kemudian seperti di dalam keputusan DPP menggelar Munaslub dengan syarat yang sudah ditetapkan dalam rapat pleno," kata Bakrie.

Menurut Ical,  keputusan yang diambil dalam rapat pleno sudah sesuai mekanisme partai sesuai AD/ART. Dia pun beranggapan bahwa keputusan dalam rapat pleno telah diambil melalui proses yang demokratis, kritis, dan terbuka.

"Setelah mendengarkan 35 pembicara maka membuat keputusan yang dapat diterima oleh seluruh peserta sidang pleno," kata Bakrie.

(Baca: Agung Laksono Minta Setnov Mundur dari Ketua DPR)

Menanggapi hal ini, Idrus berencana mengadakan pertemuan dengan para DPD I Golkar di Hotel Sultan, Jakarta pada Sabtu (25/11) pukul 19.00 WIB. Idrus merasa dapat meyakinkan DPD I Golkar atas putusan yang diambil DPP. 

Idrus mengklaim, keputusan dalam rapat pleno memiliki semangat untuk menjaga kesatuan Golkar. Keputusan itu, lanjut Idrus, merupakan komitmen untuk konsisten pada pelaksanaan sistem partai. "Karena kekuatan Golkar ada di sistem, maka semua aspirasi disampaikan oleh tokoh, sesepuh, dewan pembina ditindaklanjuti dalam kerangka pelaksanaan sistem," kata Idrus.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...