Sierra Nusa Gas Siap Ramaikan Bisnis Elpiji di Indonesia

Arnold Sirait
24 November 2017, 19:17
Nusagaz
Vivo

Bisnis elpiji atau Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Indonesia akan kedatangan pendatang baru. PT Sierra Nusa Gas yang merupakan perusahaan afiliasi PT Vivo Energy Indonesia siap meluncurkan produk baru elpiji bernama Nusagaz.

Corporate Communication Vivo Energy Indonesia Maldi Al-Jufrie mengatakan Sierra nantinya akan menjual elpiji jenis 4,5 kilogram (kg), 8 kg, 15 kg dan 60 kg. “Sebelum akhir tahun akan diluncurkan,” kata dia di Jakarta, Jumat (24/11).

Meski akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini, penjualan tabung gas ke konsumen akan dilakukan sebelum triwulan I tahun 2018 atau 31 Maret 2018. Ini karena masih menungggu kesiapan perizinan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Untuk tahap awal penjualan akan dilakukan di Jawa bagian Timur. Sistem penjualan akan melalui sistem toko ke toko.

Adapun harga elpiji per tabung untuk 4,5 kg sampai ke konsumen akhir mencapai Rp 25.500. Kemudian 8 kg Rp 56.000. Untuk 15 kg mencapai Rp 110 ribu dan 69 kg harganya Rp 460 ribu. “Itu harga di luar tabung. Konsepnya kami tidak memberatkan masyarakat," ujar Maldi.

Menurut Maldi, produk Nusagas ini memiliki spesifikasi elpiji, 80% propane dan 20% butane. Sedangkan elpiji yang ada saat ini komposisi propane sebesar 42% dan butane 58%.

(Baca: Melaut Jadi Lebih Murah Menggunakan Bahan Bakar Gas)

Dengan komposisi tersebut, kualitas elpiji bisa lebih bagus. “Kami sudah tes di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas). Kalau di kipas tidak mati,” ujar Maldi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...