Pemerintah Janjikan Valuasi Saham Freeport Selesai Bulan Depan

Anggita Rezki Amelia
27 November 2017, 20:41
Freeport
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Pemerintah berjanji akan merampungkan proses valuasi harga saham divestasi PT Freeport Indonesia bulan depan. Ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kementerian ESDM serta PT Freeport Indonesia di Jakarta, Senin (27/11).

Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu mengatakan dalam rapat tertutup itu, pemerintah menjajikan penyelesaian divestasi saham Freeport. "Tadi kami dijanjikan sama pemerintah, divestasi akan selesai Desember atau akhir tahun 2017 ini,"kata dia usai rapat di Gedung DPR Jakarta, Senin (27/11).

Dalam rapat itu juga disebutkan kalau tahapan divestasi akan berlangsung secara bertahap dan selesai sepenuhnya paling lambat 2019.  Dalam hal ini, DPR mendukung langkah pemerintah mengambil saham divestasi itu melalui induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 Adapun nantinya holding BUMN tambang ini akan dipimpin PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)/Inalum.  "Inalum sudah siap, finansialnya bagus," kata Gus. 

Selain valuasi saham Freeport, pemerintah menjanjkan penyelesaian tiga isu negosiasi lainnnya. Sebagai gambaran ada empat poin negosiasi antara pemerintah Indonesia dan Freeport yang selama ini masih berjalan yakni ketentuan fiskal dan perpajakan baik pusat maupun daerah, divestasi 51%, kelangsungan operasi setelah kontrak habis 2021 dan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter).

Di tempat yang sama, Direktur and Eksekutif Vice President Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan pihaknya siap melepas 51% saham Freeport kepada pemerintah Indonesia. "Harapannya semua itu bisa deal paling lambat akhir tahun,"kata dia.

Apabila valuasi saham Freeport berhasil disepakati akhir tahun ini, maka akan kedua belah pihak akan segera menandatangani Exchange Agreement.  Isi perjanjian itu mengenai divestasi saham. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...