Peretail Modern akan Jual Beras, Minyak Goreng, Daging, Gula Bulog

Michael Reily
27 November 2017, 13:18
Gula
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Para pekerja menata gula hasil penyerapan di Gudang Bulog Divre Jatim, Sidoarjo, Jawa Timur, 20 April 2017.

Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) menandatangani nota kesepahaman dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) dan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) dalam distribusi bahan pokok. Dengan demikian, para jaringan supermarket dan minimarket anggota Aprindo serta pedagang Aspaprindo akan menjual beras, minyak goreng, daging, dan gula Bulog.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menyatakan, harga komoditas pangan cenderung naik jelang Natal dan Tahun Baru. “Pendistribusian bahan pokok bakal dilakukan dari mitra usaha ke konsumen,” kata Djarot di Kantor Bulog, Jakarta, Senin (27/11).

Ia meminta kerja sama bakal ditindaklanjuti sesuai mutu yang baik dan harga sesuai ketetapan pemerintah. Pasalnya, Harga Eceran Tertinggi (HET) sudah berlaku untuk keempat komoditas yang dikerjasamakan.

(Baca juga: Kemendag Minta BI dan BPS Satukan Data Harga Pangan)

Menurut Djarot, prosesnya bakal ditangani dengan segera, namun harus tetap memperhatikan aspek bisnis untuk semua pihak. Untuk beban biaya angkut dan logistik juga akan ditanggung masing-masing pengusaha sesuai kebutuhan.

“Kerja sama akan ditingkatkan dengan asosiasi lainnya sehingga jaringan Bulog dan tujuan pemerintah untuk pemerataan distribusi dapat terus berkembang,” jelas Djarot.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...