BNI Salurkan Kredit UMKM Rp 300 Miliar Melalui PNM

Penulis: Miftah Ardhian

Editor: Safrezi Fitra

28/11/2017, 19.50 WIB

Hingga saat ini, sudah sekitar 15.000 debitur yang menerima manfaat penyaluran kredit BNI dan PNM

BNI
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menandatangani perjanjian kerja sama untuk menyalurkan kredit dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Kerja sama kedua perusahaan pelat merah ini  dalam bidang pembiayaan yang akan digunakan untuk pembiayan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Direktur Kepatuhan dan Risiko Perusahaan BNI Imam Budi Sarjito mengatakan sebenarnya kerja sama ini telah terbangun sejak 2007. Komitmennya untuk untuk menyalurkan dan memutarkan dana sebesar Rp 750 miliar untuk membiayai para pelaku UMKM. Sebagai kelanjutannya, pada bulan November 2017 ini, BNI kembali menyalurkan kredit melalui PNM sebesar Rp 300 miliar secara bertahap.

Pada tahap awal, BNI menyalurkan sebesar Rp 150 miliar. Ini merupakan penyaluran kredit tahap VII dari total komitmen kerja sama ini dalam penyaluran kredit senilai Rp 750 miliar. "Dengan kerja sama ini, sehingga (penyaluran kredit) bisa menyentuh banyak orang," ujarnya usai penandatanganan kerja sama tersebut, di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Selasa (28/11).

Hingga saat ini, sudah sekitar 15.000 debitur yang menerima manfaat penyaluran kredit BNI dan PNM ini. Adapun, kali ini, penyaluran kredit akan berfokus pada nasabah UlaMM dan Mekaar PNM. (Baca: BNI Janjikan Layanan Perbankan Digital yang Lebih Mudah dari Go-Pay)

ULaMM merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. Sedangkan, Mekar yaitu pembiayaan kepada wanita pra sejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usahanya.

Imam menyampaikan, BNI akan terus berkomitmen untuk mendukung sektor UMKM dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. BNI memiliki dua strategi dalam meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM, yaitu penyaluran langsung ke pelaku UMKM, atau penyaluran secara tidak langsung melalui kerja sama strategis dengan lembaga keuangan bank dan nonbank seperti yang dilakukan dengan PNM.

Selain kerja sama penyaluran pembiayaan UMKM, PNM juga menjadikan BNI sebagai bank umum yang mengelola keuangan para karyawannya, termasuk dalam mengelola pembayaran dan pengelolaan gaji sekitar 5.000 karyawan serta belasan ribu karyawan anak perusahaan PNM.

"BNI juga menyiapkan berbagai produk pinjaman konsumer yang cocok untuk para karyawan PNM, mulai dari kredit kepemilikan rumah, kredit multiguna, kredit tanpa agunan, hingga kartu kredit," ujar Imam.

(Baca: Target Meleset, BNI Revisi Pertumbuhan Kredit Tahun Ini Jadi 13%)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan