Airlangga Hartarto Klaim Dapat Izin Jokowi Jadi Ketum Golkar

Ameidyo Daud Nasution
29 November 2017, 21:39
Airlangga Hartarto
Arief Kamaludin|KATADATA
Menperin, Airlangga Hartarto di Tangerang, Banten, Kamis, (10/08)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto siap maju menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar. Dia mengaku telah menerima restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dikatakannya usai menghadap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11).

Airlangga mengatakan beberapa waktu lalu dirinya telah menyampaikan keinginannya menjadi Ketum Golkar, dan kini Jokowi telah mengizinkan. Saat ini prosesnya hanya tinggal menunggu keputusan dari internal partainya. "Sudah diizinkan beliau (Presiden), tinggal menunggu proses internal sesuai dengan rapat pleno kemarin," ujar Airlangga.

Mengenai wacana Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar, Airlangga menyerahkan kepada dewan pimpinan daerah untuk berkomunikasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai. Adapun soal dukungan ini, dia juga mengaku masih akan berkomunikasi dengan pengurus DPD.

"Tentunya DPP harus mengambil sikap untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan," katanya. (Baca: Pamor Golkar Merosot, Munaslub Menguat Cari Pengganti Setnov)

Meski begitu, Airlangga belum bisa mengungkapkan soal rencana dirinya mundur dari Kabinet Kerja. Dia mengatakan hal ini akan dilakukan secara bertahap sesuai proses yang dilalui.

Hasil survei lembaga riset Poltracking Indonesia pada 8 hingga 15 November 2017 menunjukkan tingkat elektabilitas Golkar di posisi ketiga, telah tersalip Partai Gerindra. PDI Perjuangan meraih posisi teratas dengan tingkat elektabilitas tertinggi 23,4 persen. Gerindra berada di posisi kedua dengan elektabilitas 13,6% dan Golkar mendapat 10,9 persen. Padahal berdasarkan hasil Pemilu 2014, Golkar masih meraih 14,75 persen suara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...