Pemerintah Dorong Jasa Marga Jadi Operator Semua Tol Trans Jawa

Miftah Ardhian
29 November 2017, 14:32
e-toll
Katadata/Arief Kamaluddin
Suasana gardu layanan E-Toll Card Jasa Marga bekerja sama dengan empat Bank BUMN, Bank BNI, Mandiri, Bank BTN dan Bank BRI di Jakarta, Senin, (21/03).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk menjadi operator di seluruh ruas jalan tol Trans Jawa. Untuk merealisasikan rencana tersebut, perusahaan pelat merah ini harus memiliki saham mayoritas di seluruh ruas tol yang ada.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana, dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi untuk menguasai seluruh ruas tol Trans Jawa.

"Trans Jawa saya inginnya, walaupun tidak 100%, Jasa Marga operator penuh. Nah, untuk itu Jasa Marga harus punya 55-60% (saham)," ujar Bambang saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/11).

Adapun, rencana ini sejalan dengan rencana penjualan ruas-ruas tol PT Waskita Karya (Persero) Tbk di Trans Jawa. "Nanti sisanya boleh dilepas ke swasta, tetapi Jasa Marganya kan dapat operator," ujarnya.

(Baca juga: Selain Jepang, Tiongkok Ingin Biayai Proyek Tol Padang-Pekanbaru)

Bambang mengakui, untuk meningkatkan kepemilikan saham di beberapa ruas Tol Trans Jawa memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, saat ini Jasa Marga tengah melakukan roadshow untuk penerbitan surat utang (obligasi) global berdenominasi Rupiah, atau yang biasa disebut sebagai Komodo Bond.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...