Kemenkeu Siapkan Dana Rp 750 Miliar untuk Atasi Erupsi Gunung Agung

Desy Setyowati
30 November 2017, 13:24
Pengungsi Erupsi Gunung Agung
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama warga membangun shelter (hunian sementara) bagi pengungsi Gunung Agung di Kantor UPTD Pertanian Rendang, Karangasem, Bali, Kamis (23/11).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan dana siap pakai (on call) senilai Rp 750 miliar untuk menghadapi bencana letusan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali. Anggaran tersebut disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kemenkeu Askolani menjelaskan, sebelumnya dana siap pakai telah dialihkan ke BNPB sebesar Rp 700 miliar, di antaranya digunakan untuk bencana akibat letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Lalu pada Oktober lalu, Kementerian Keuangan kembali menggelontorkan dana Rp 750 miliar ke BNPB yang dapat dimanfaatkan juga untuk mengatasi dampak bencana dan membantu pengungsi di Gunung Agung. (Baca juga: BNPB Peringatkan Ancaman Siklon Baru di Selatan Jawa)

"Oktober kemarin kami juga sudah pindahkan Rp 750 miliar lagi. On call. Itu bisa digunakan termasuk untuk Bali. Uang itu siap pakai," ujar dia usai acara Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Awards di kantornya, Jakarta, Kamis (30/11).

Selain itu, beberapa bulan sebelumnya juga Askolani mengatakan mengalokasikan dana hibah untuk rehabilitasi dan rekonstruksi sebesar Rp 1,5 - Rp 2 triliun. Berbeda dengan on call, dana ini merupakan hibah setelah bencana alam yang diberikan kepada pemerintah daerah (pemda).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...