Inflasi November Melonjak, Pemerintah Proyeksi Akhir Tahun Capai 3,1%

Miftah Ardhian
4 Desember 2017, 17:50
Darmin Sri Mulyani
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah memproyeksikan laju inflasi Indonesia sepanjang tahun ini akan berada di kisaran 3,1 persen. Meski telah mengalami kenaikan cukup signifikan pada bulan lalu, pemerintah telah menyusun strategi untuk meredam kenaikan angka inflasi di akhir tahun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan hal yang masih perlu diwaspadai agar inflasi tidak melonjak tinggi adalah dari sektor pangan. Pasokan pangan harus dijaga mengingat adanya isu cuaca dan juga soal serangan hama. Pemerintah juga akan menjaga lonjakan harga pangan pada akhir tahun. 

"Mungkin inflasi sampai akhir tahun 3,1 persen kira-kira," ujar Darmin saat ditemui di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (4/11).

Dia mengaku optimistis laju inflasi akan berada di bawah 3,5 persen. Menurutnya, inflasi November yang melonjak menjadi 0,20 persen ini hanya akan menaikan inflasi sepanjang tahun ini sebesar 2,8-2,9 persen. Alhasil, di sisa satu bulan terakhir tahun 2017 ini, diproyeksi hanya akan mengalami inflasi tambahan sekitar 0,20 persen.

Pemerintah juga terus mencoba mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia menekankan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2017 hanya akan berada di angka 5,1 persen. "Malah mungkin 5,08 persen atau 5,09 persen, ya 5,1 persen lah kalau dibulatkan," ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah akan terus menjaga angka inflasi sampai akhir tahun ini. Memang, di akhir tahun atau di bulan Desember biasanya ada tekanan dari sisi permintaan. Inflasi di bulan Desember pun diprediksi akan tetap mengalami kenaikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...