Jokowi Kenal KSAU Hadi Sejak Lama, Istana: Diajukan Karena Kemampuan

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
4 Desember 2017, 17:01
KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) meninjau Pameran Dirgantara 2017 di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (20/4).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke DPR. Pihak Istana Kepresidenan menyatakan Jokowi memilih Hadi karena dianggap memiliki kecakapan dan kemampuan sebagai Panglima TNI.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi juga mengatakan Hadi pun memenuhi persyaratan sebagai Panglima TNI sesuai Undang-Undang Nomor 83 Tahun 2004 tentang TNI. "Marsekal Hadi Tjahjanto dianggap mampu dan cakap (oleh Jokowi)," kata Johan kepada Katadata, Senin (4/12).

Advertisement

(Baca: Jokowi Ajukan KSAU Marsekal Hadi Gantikan Panglima TNI Gatot Nurmantyo)

Selain itu Johan juga menambahkan salah satu pertimbangan utamanya adalah karena Panglima TNI saat ini Gatot Nurmantyo akan segera memasuki masa pensiun pada tanggal 1 April mendatang.

Johan membantah pemilihan Hadi semata karena Jokowi telah mengenalnya sejak tinggal di Solo. Hadi diperkirakan mengenal Jokowi ketika menjabat Komandan Lanud Adi Sumarmo Solo pada 2010-2011. Setelah Jokowi menjadi Presiden, Hadi diangkat sebagai Sekretaris Militer Presiden pada 2015-2016. Setahun kemudian, pada Januari 2017, Jokowi mengangkat Hadi sebagai KSAU.

"Kalau mengacu surat Presiden ke DPR, pertimbangannya karena dianggap mampu, cakap, dan memenuhi syarat jadi Panglima TNI," kilah Johan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement