BCA Siapkan Uang Elektronik Tanpa Top-Up untuk Bayar Tol

Miftah Ardhian
5 Desember 2017, 13:28
BCA
Arief Kamaludin|KATADATA
BCA kembangkan sistem yang mendukung pembayaran tol tanpa henti.

PT Bank Central Asia Tbk., sedang mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk mendukung pembayaran tol tanpa henti (multi line free flow/MLFF) dan Electronic Road Pricing (ERP) yang rencananya akan diterapkan di DKI Jakarta. Sistem ini akan berbentuk uang elektronik (e-money) yang bisa mendebet uang nasabah tanpa harus melakukan isi ulang (top-up).

Direktur BCA Santoso Liem mengatakan saat ini pihaknya memang telah memiliki dua produk e-money. Pertama, uang elektronik dengan berbasis kartu seperti Flazz yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Kedua, uang elektronik berbasis server yang saat ini dinamakan Sakuku.

Advertisement

"Untuk yang otomatis Top-up sedang dipelajari untuk yang server base dan akan terkoneksi dengan MLFF untuk jalan tol," ujar Santoso saat dihubungi Katadata, Selasa (5/12). Namun, rencana ini menunggu kesiapan dari program pemerintah terkait jalan tol itu sendiri ataupun ERP di Jakarta.

Rencananya produk ini baru akan diluncurkan saat MLFF dan ERP resmi diterapkan di Indonesia. Namun, Santoso masih belum bisa memastikan apakah akan menggunakan Sakuku yang ada saat ini atau mengeluarkan produk e-money baru berbasis server tersebut, tetapi harus meminta izin otoritas terkait.

"Kalau produk lama yang dimanfaatkan tidak perlu izin tapi setidaknya melaporkan saja," ujar Santoso. Artinya, teknologi BCA berbasis server ini akan dimasukan dalam sistem dua program tersebut. (Baca: Beralih ke Digital, Bank Bakal Rekrut Lebih Banyak Ahli Teknologi)

Pada prinsipnya, BCA siap mendukung program yang dicanangkan pemerintah tersebut. Memang, diharapkan pembayaran tol tidak perlu lagi melakukan "Tap" atau menempelkan kartu pada mesin pembaca. Apabila menggunakan teknologi On Board Unit (OBU) generasi lama, mobil yang melalui jalan tersebut masih harus berhenti dulu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement