Indonesia Bisa Jadi Negara Ekonomi Terbesar ke-4 Dunia pada 2050

Pingit Aria
5 Desember 2017, 19:20
Chatib Basri
Bekraf
Chatib Basri dalam persiapan World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Bandung, Selasa (5/12).

Pertumbuhan yang stabil dinilai dapat membuat Indonesia menempati posisi ke-4 negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2050 nanti. Jika itu terjadi, mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menyebut, posisi Indonesia hanya akan ada di bawah Tiongkok, India dan Amerika Serikat.

Chatib menyatakan, pada 2016 Indonesia masih menempati peringkat ekonomi ke-8 di dunia. Namun, proyeksinya atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan cenderung meningkat setiap tahun didukung oleh kenaikan kelas menengah di Indonesia.

Ia menyebut, ada 38 juta kelas menengah baru yang lahir antara tahun 2002 hingga 2016. Di mana, pertumbuhan ekonomi mereka meningkat sekitar 10% tiap tahun. “Ini berarti menyumbang sekitar 20% pertumbuhan seluruh populasi yang ada saat ini,” kata Chatib dalam persiapan World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Bandung, Selasa (5/12).

(Baca juga: Alibaba Group Siapkan Ekosistem E-Commerce Antarnegara)

Tingginya pertumbuhan kelas menengah, menurut Chatib, akan berdampak bagi pola konsumsi masyarakat secara menyeluruh. Sebab, mereka mampu dan bersedia membayar lebih tinggi untuk produk yang diinginkan, bukan sekedar dibutuhkan.

Dampaknya, industri kreatif akan memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi nantinya. “Sebab, industri kreatif lah yang yang dapat menciptakan nilai tambah dalam suatu produk,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...