Komisi I Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Pekan Ini

Dimas Jarot Bayu
5 Desember 2017, 16:01
KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) meninjau Pameran Dirgantara 2017 di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (20/4).

Komisi I DPR RI berencana menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sesegera mungkin terhadap calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. DPR RI akan menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan sebelum memasuki masa reses pada 14 Desember 2017.

Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafid mengatakan, pihaknya berencana menggelar fit and proper test pada pekan ini. Pasalnya, masa kerja DPR hanya akan aktif hingga Rabu (13/12) pekan depan.

Advertisement

"Jadi sesegera mungkin dalam artian minggu ini kami sudah fit and proper," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/12).

(Baca: Jenderal Gatot Siap Berhenti sebagai Panglima TNI Sebelum Masa Pensiun)

Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin memprediksi bahwa fit and proper test akan dilaksanakan pada Rabu (6/12). Menurutnya, hal tersebut akan dilaksanakan besok agar pada pekan depan sudah bisa dilaporkan dalam rapat paripurna.

"Supaya minggu depan sudah segera dilaporkan dan kami tidak punya lagi beban," kata TB Hasanuddin.

Rencananya, Komisi I akan melakukan rapat internal siang ini untuk membahas penjadwalan fit and proper test terhadap Hadi. Selain itu, rapat internal Komisi I juga akan membahas bagaimana mekanisme fit and proper test akan dilaksanakan.

"Komisi I akan rapat koordinasi untuk menentukan kapan acara fit and proper test," kata TB Hasanuddin.

Meutya mengatakan, nantinya Komisi I akan menyoroti perihal rekam jejak, profesionalitas, integritas, dan laporan kekayaan Hadi. Selain itu, Komisi I juga akan menanyai Hadi mengenai persiapan menghadapi Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement