PLTMH Terbangun, Dua Desa di Toba Samosir Bisa Nikmati Listrik

Arnold Sirait
5 Desember 2017, 16:06
Listrik
Katadata | Arief Kamaludin

Desa Sipabagu dan Liattondung, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara kini bisa menikmati listrik. Hal ini seiring dengan dibangun dan sudah diresmikannya pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di daerah tersebut.

Peresmian ini dilakukan Senin (4/12) oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana. Hadir juga Direktur Aneka Energi Kementerian ESDM Maritje Hutapea serta Kepala Desa Sipagabu, Walton Tambunan, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, KSU Mitra Keluarga, dan warga masyarakat setempat.

Advertisement

Menurut Rida, pembangunan PLTMH ini merupakan upaya pemerintah agar seluruh masyarakat di Indonesia bisa menikmati listrik. “Ini adalah salah satu upaya pemerintah wujudkan pemerataan energi di seluruh Indonesia," kata dia berdasarkan keterangan resminya, Selasa (5/12).

Saat ini terdapat lebih dari 2.500 desa belum teraliri listrik. Bahkan rasio elektrifikasi Indonesia berada pada angka 93%. Artinya masih ada sekitar 7% rumah tangga di Indonesia yang belum memiliki akses terhadap listrik. 

Untuk itu, pemerintah terus melakukan upaya menerangi desa-desa tersebut dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT). Apalagi potensi listrik dari tenaga air yang berasal dari aliran sungai di Indonesia diperkirakan mencapai 75 GW.

Di sisi lain, sejak 2011, Kementerian ESDM juga sudah memiliki program melistriki desa, daerah tertinggal, pulau terluar serta kawasan perbatasan yang belum memiliki akses terhadap jaringan listrik PLN dengan memanfaatkan potensi EBT skala kecil. Pendanaannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Alhasil, PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. "Anak-anak bisa belajar di malam hari. Selain itu, listrik bisa digunakan untuk kegiatan produktif seperti mengoperasikan mesin jahit untuk membuat kerajinan daerah," ujar Rida.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement