Jokowi Pamer Keberhasilan Ekonomi di Tahun Ketiga Pemerintahannya

Miftah Ardhian
6 Desember 2017, 15:28
jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan keberhasilan pemerintahannya, khususnya di tahun ketiga pemerintahannya dalam pembangunan ekonomi. Dia mengklaim telah mampu membalikkan arah pertumbuhan ekonomi yang melemah saat awal pemerintahaannya hingga saat ini.

Pelemahan ekonomi dunia yang disertai anjloknya harga komoditas membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan di awal pemerintahannya. Namun, dengan perbaikan yang dikerjakan pemerintah, angka pertumbuhan ekonomi mampu berbalik arah menjadi di kisaran 5 persen pada tahun ini. Walaupun pergerakannya tidak signifikan, tapi sudah lebih baik dibandingkan kuartal III-2015 di angka 4,7 persen.

Advertisement

(Baca: Bank Pembangunan Asia Sebut Prospek Ekonomi Indonesia Menguat)

"Di tahun ketiga selalu lebih baik dibandingkan tahun pertama," ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Bloomberg The Year Ahead Asia di Hotel Ritz-Charlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (6/12).

Jokowi mengklaim terus melakukan perbaikan dari sisi regulasi guna mengundang investor menanamkan modalnya di Indonesia, mengingat investasi merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi. Hasilnya, dalam tiga tahun pemerintahannya, tiga lembaga pemeringkat dunia menyematkan peringkat layak investasi (investment grade) kepada Indonesia.

(Baca: Luhut Klaim S&P Berpeluang Naikkan Lagi Peringkat Utang Indonesia)

Di tahun ketiga, Standart and Poors (S&P) menaikan peringkat Indonesia menjadi investment grade. Peringkat dari lembaga ini yang paling ditunggu, lantaran dua lembaga pemeringkat internasional lainnya yakni Fitch Rating dan Moody's telah lebih dulu memberikan peringkat tersebut. Alhasil, selama 20 tahun terakhir, Indonesia akhirnya mendapatkan peringkat investment grade dari tiga lembaga pemeringkat internasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement