Demi Jaga Integritas, Otto Hasibuan Mundur Sebagai Pengacara Setnov

Dimas Jarot Bayu
8 Desember 2017, 13:01
setya novanto
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua DPR Setya Novanto (kiri) memenuhi panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/7).

Pengacara Otto Hasibuan resmi mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Setya Novanto karena tak ada kesepakatan tentang tata cara penanganan perkara dengan Setya Novanto. Otto khawatir hal ini dapat berimbas pada integritas dan independensi sebagai pengacara. 

"Saya sampaikan di antara kami tata caranya tidak ada kesepakatan. Maka saya menyatakan tidak akan meneruskan untuk menjadi kuasa hukum untuk di pengadilan," kata Otto di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (8/12).

Advertisement

Menurut Otto kesepakatan mengenai cara menangani perkara adalah hal yang penting. Otto menilai sebagai advokat dirinya harus dapat menegakkan hukum dengan cara yang baik.  (Baca: Limpahkan Berkas Setnov ke PN Jakpus, KPK: Praperadilan Dapat Gugur)

Otto mengatakan, ketiadaan kesepakatan itu dapat menyulitkannya dalam memberikan suatu pembelaan terhadap Novanto. Selain itu juga akan berimbas buruk terhadap independensi, integritas, dan kemandiriannya sebagai seorang pengacara.

"Itu sebabnya saya katakan kalau umpamanya ada orang yang baik, pendeta, ulama dibela, tapi dengan cara suap itu salah juga. Jadi saya mengundurkan diri dari Setya Novanto karena harus menjaga independensi, integritas, dan kemandirian saya," kata Otto.

Otto mengatakan, dirinya telah berbicara mengenai pengunduran dirinya secara lisan kepada Novanto pada Kamis (7/12) pukul 15.00 WIB di Rumah Tahanan Kelas 1 Cabang KPK. Hari ini, dia akan memberikan surat pengunduran dirinya secara resmi kepada Setya Novanto.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement