Tingkatkan Mutu SDM, Kementerian ESDM Gaet 6 Perusahaan Energi

Anggita Rezki Amelia
8 Desember 2017, 13:23
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil
ilustrasi

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan sektor energi. Tujuannya  untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor ESDM.

Kerjasama itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Perusahaan yang menandatangani MoU tersebut adalah PT Supreme Energy Muara Laboh, PT AKR Corporindo, ConocoPhilips, Eni Muara Bakau, Petrogas dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN.

Kepala BPSDM I.G.N Wiratmaja Puja berharap kerja sama itu dapat meningkatkan jumlah dan kualitas kompetensi SDM di sektor ESDM. "Pada acara ini kami menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa pimpinan perusahaan," kata dia di Jakarta, Jumat (8/12).

General Manager Petrogas (Basin) Ltd Syafri Syafar yang ikut menandatangani MoU itu menyampaikan beberapa kegiatan yang dilakukan. Di antaranya yakni pendidikan, pelatihan, sertifikasi, jasa teknologi, jasa konsultan, dan penilaian.

Ada juga beberapa kegiatan bersama, seperti diskusi, seminar, dan lokakarya. Dalam kerjasama ini juga akan dilaksanakan program kegiatan pengabdian masyarakat. “Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM di kedua belah pihak,” kata Syafri.

Petrogas (Basin) Ltd merupakan operator di Blok Kepala Burung, Papua Barat. Di blok ini, Petrogas (Basin) Ltd. mengoperasikan dua fasilitas produksi. Pertama, fasilitas produksi Kasim Marine Terminal (KMT) untuk produksi minyak mentah yang berasal dari Lapangan Walio, Wakamuk, Cendrawasih, dan Jaya. Kedua, Arar Gas & LPG Plant untuk produksi gas dari Lapangan Arar dan Klalin. Selain itu, RH Petrogas Limited juga memiliki partisipasi sebesar 33,2142 % di blok Salawati Kepala Burung, Papua Barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...