Hindari Diskon Palsu, Ini Tips Belanja Cerdas Kala Harbolnas

Michael Reily
10 Desember 2017, 08:00
Logistik e-commerce
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja memilah paket barang di gudang logistik TIKI di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Promosi besar-besaran dan tawaran produk menarik bakal ditemukan pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2017. Sebanyak 254 e-commerce akan memberikan potongan harga hingga 95% untuk menarik konsumen.

Chief Executive Officer (CEO) Bhinneka.com Hendrik Tio menyatakan, Harbolnas adalah saat yang tepat untuk berburu produk incaran dengan harga miring. Toh, tak semua barang yang didiskon harus dibeli.

Hendrik menganjurkan agar para calon pembeli menghindari sikap konsumtif. "Saya pribadi punya tip, saya hanya berbelanja barang yang saya perlukan," katanya kepada Katadata di Jakarta, Kamis (7/12).

Sikap rasional seperti yang ditunjukkan Hendrik juga akan membantu Anda menghindari jebakan diskon palsu. Sebab, hampir setiap gelaran Harbolnas, ada saja merchant curang yang menaikkan harga dagangannya, lalu menambahkan label diskon besar untuk menarik pembeli.

(Baca juga: Raja Ekonomi Digital, Tiongkok Kuasai 42% Transaksi E-commerce Dunia)

Agar tak tertipu, ada baiknya jika Anda mencari tahu dulu harga barang incaran sebelum Harbolnas. Dengan begitu, Anda akan langsung mengetahui apakah label diskon yang dipasang saat Harbolnas itu nyata atau hanya akal-akalan. Selain itu, pastikan Anda juga membandingkan harga barang dengan merchant lain sebelum bertransaksi.

Grafik: Jumlah e-Commerce yang Memeriahkan Hari Belanja Online Nasional 12/12 2017
Jumlah e-Commerce yang Memeriahkan Hari Belanja Online Nasional 12/12 2017

Hendrik memberi bocoran bahwa potongan harga terbesar biasanya diberikan waktu makan siang, dimulai pada pukul 11.00 hingga 14.00. Menurutnya, jam istirahat siang adalah waktu yang padat secara lalu lintas transaksi, sehingga toko-toko online akan berlomba memberikan diskon besar-besaran.

Pentingnya pemilihan waktu belanja untuk mendapat potongan harga terbesar juga diungkapkan oleh Country General Manager ShopBack Indonesia Indra Yonathan.

Menurutnya, pengunjung harus mulai mencari barang yang ingin dibeli ketika Harbolnas resmi dibuka tengah malam. "Biasanya tawaran-tawaran bagus muncul di awal hari," kata Indra saat konferensi pers Harbolnas di Hotel Pullman, Jakarta.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...