Diminati Asing, Saham IPO Anak Usaha Pelindo II Oversubscribe 2 Kali

Miftah Ardhian
11 Desember 2017, 17:23
Joko Widodo
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasioan Terminal Peti Kemas Kalibaru Pelabuhan Utama Tanjung Priok milik Pelindo II.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) segera menjual sebagian kepemilikan saham di anak usahanya, yakni PT Jasa Armada Indonesia (JAI) melalui initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam proses penawaran, diketahui beberapa perusahaan asing berminat membeli saham perusahaan tersebut.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menjelaskan, sampai saat ini Pelindo II tengah menawarkan ke investor untuk bisa ikut membeli saham PT Jasa Armada Indonesia (JAI). Ia mengklaim, terjadi kelebihan permintaan (oversubscribe) sebanyak kurang lebih dua kali dari jumlah saham yang ditawarkan.

Pada proses penawaran ini, Pelindo II memang lebih melirik investor publik, bukan diserahkan ke mitra strategis tertentu. "Menariknya ada yang dari luar negeri. Itu dari Asia," ujar Elvyn saat ditemui di Hotel Ritz-Charlton Pacific Place, Jakarta, Senin (11/12).

Dalam kesempatan tersebut, Elvyn menjelaskan, beberapa investor asing ini memang berasal dari institusi. Di antaranya adalah institusi fund management atau manajer investasi dan institusi yang memang berkaitan dengan sektor kepelabuhan. Namun, dirinya tidak bisa menyebutkan institusi tersebut.

Secara garis besar, investor yang berminat baik dari lokal maupun asing memang didominasi oleh institusi. Menurutnya, hal ini cukup baik, lantaran institusi biasanya memiliki rencana investasi di suatu perusahaan secara jangka panjang. 

(Baca: Pelindo IV Gandeng 4 BUMN Karya Berbisnis Properti)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...