Pasokan Gas dari Blok NSO dan NSB Menunggu Kesiapan Fasilitas Arun

Arnold Sirait
11 Desember 2017, 13:12
Rig Minyak
Katadata

Pasokan gas dari Blok North Sumatera Offshore (NSO) dan North Sumatera B (NSB) masih menunggu kesiapan fasilitas pemrosesan milik Perta Arun Gas (PAG). Alasannya sampai saat ini, fasilitas itu masih dalam tahap perbaikan setelah adanya banjir dan badai.

Media and Relations Manager PT Pertamina Hulu Energi Ifki Sukarya mengatakan pasokan gas dari Blok NSO dan NSB terhenti (shutdown) bukan hanya karena kerusakan di PHE NSO. Namun, karena ada gangguan juga di Perta Arun Gas (PAG).

Advertisement

Fasilitas produksi PHE NSO memang sempat terganggu akibat badai yang terjadi 1 Desember 2017 lalu. Alhasil, pasokan dari Blok NSB juga sempat terganggu.

Namun, fasilitas PHE NSO itu sudah siap beroperasi sejak 3 Desember 2017. Sementara gas dari NSB juga sudah mengalir sejak 2 Desember 2017.

Hanya, gas dari PHE NSO ini harus diproses terlebih dulu di fasilitas pemrosesan milik Perta Arun Gas. Sedangkan PAG sedang melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas hingga 23 Desember 2017. Selain itu, hingga minggu ketiga Januari 2018, mereka masih melakukan pengadaan bahan kimia MDEA untuk menurunkan kadar sulfur.

Alhasil, pasokan dari PHE NSO tergantung dari kesiapan fasilitas di PAG. “Karena fasilitas Sulfur Recovery Unit (SRU) di PAG belum dapat dihidupkan sehingga gas yang diproduksi dari NSO tidak dapat diproses,” kata dia dikutip dari keterangan resminya, Senin (11/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement