Ekspansi Pelabuhan, Pelindo II Bentuk Perusahaan Investasi

Miftah Ardhian
11 Desember 2017, 14:05
Pelabuhan
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) membentuk anak baru yang bergerak khusus di bidang investasi khususnya kepelabuhan, dengan nama PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII). Pendirian anak usaha ke-17 ini ditujukan untuk mengelola keuangan Pelindo Group dan membantu ekspansi anorganik perusahaan pelat merah tersebut.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menjelaskan perusahaannya memiliki 99 persen saham anak usaha barunya ini. Sedangkan, 1 persen sisanya dimiliki oleh PT Multi Terminal Indonesia yang juga merupakan salah satu anak perusahaan Pelindo II. Adapun modal disetor untuk pembentukan PII ini adalah sebesar Rp 1,5 triliun.

Advertisement

"Tujuannya dalam rangka optimalisasi pengelolaan keuangan di Pelindo II Group. Termasuk dalam hal ini optimalisasi pencarian dana maupun investasi," ujar Elvyn saat peluncuran anak usahanya tersebut, di Hotel Ritz-Charlton Pacific Place Jakarta, Senin (11/12).

(Baca: Pelindo IV Gandeng 4 BUMN Karya Berbisnis Properti)

Elvyn kembali menjelaskan PII merupakan investasi pertama di Indonesia yang memfokuskan diri pada bisnis kepelabuhanan. Kehadiran PII ini ditujukan untuk mengelola pendanaan pada anak perusahaan Pelindo II dan juga untuk mendukung pengembangan bisnis, peningkatan kapasitas, penguatan, pengelolaan risiko dan investasi.

Pelindo II menargetkan PII diproyeksikan dapat mengelola aset hingga Rp 11,7 triliun pada 2022, dengan tingkat pengembalian ekuitas atau Return on Equity (ROE) sebesar 16 persen per tahun. "Di lima tahun kedua diharapkan pengelolaan aset sudah sebesar Rp 21 triliun," ujar Elvyn.

Elvyn mengatakan saat ini PII sedang melakukan kajian untuk memperlebar sayap Pelindo II Group untuk melakukan ekspansi bisnis anorganik. Ekspansi ini tetap di sektor kepelabuhan seperti aktivitas terkait terminal dan logistik. Hingga saat ini, sudah ada 10 perusahaan yang akan diajak kerja sama menjadi bagian dari PII.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement