Akuisisi Tiga Fintech, GoJek Gencar Rambah Bisnis Pembayaran

Michael Reily
15 Desember 2017, 10:41
CEO Go-Jek Nadiem Makarim.
Arief Kamaludin | Katadata
CEO Go-Jek Nadiem Makarim.

Go-Jek resmi mengakuisisi tiga perusahaan financial technology (fintech) untuk memperkuat ekspansi Go-Pay tahun depan. Kartuku, Midtrans, dan Mapan bakal bergabung untuk menyediakan ekosistem pembayaran keuangan kepada masyarakat.

Chief Executive Officer Go-Jek Nadiem Makarim berharap, Go-Pay bakal terus memimpin industri jasa dompet digital dan proses pembayaran independen. “Inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat pondasi dan langkah kami di industri fintech Indonesia,” kata Nadiem dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (15/12).

Menurut Nadiem, akusisi ini menjadi lompatan perusahaan dari penyedia layanan transportasi hingga menguasai teknologi multi-platform yang fokus pada pembayaran digital. Kartuku, Midtrans, dan Mapan tercatat memproses total transaksi lebih dari Rp 67,5 triliun per tahun melalui kartu kredit, debit, maupun dompet digital.

(Baca juga: Go-Jek Rilis Go-Bills untuk Bayar Aneka Tagihan Listrik dan BPJS)

Saat ini, Go-Jek memiliki lebih dari 15 juta pengguna aktif mingguan dan lebih dari 100 juta transaksi per bulan. Ada 900 ribu mitra pengemudi dan 125 ribu penyedia layanan yang mayoritas Usaha Kecil Menengah (UKM).

Presiden Go-Jek Group Andre Soelistyo mengatakan, tahun depan Go-Pay bakal menyediakan layanan pembayaran secara offline maupun online. Kolaborasi akan mendorong percepatan inklusi finansial untuk jutaan orang Indonesia serta meningkatkan produktivitas ekonomi nasional.

“Akuisisi ini akan mengakselerasi penetrasi dan jangkauan Go-Pay ke ranah pembayaran offline melalui Kartuku, ranah pembayaran online melalui Midtrans, serta meningkatkan inklusi finansial bagi masyarakat unbanked melalui Mapan,” kata Andre.

Ketiga pimpinan masing-masing perusahaan yang diakuisisi akan memegang posisi senior manajemen di dalam Go-Jek Group. Aldi Haryopratomo dari Mapan akan memimpin Go-Pay, Ryu Kawano Suliawan dari Midtrans akan memimpin pengembangan platform merchant dalam grup Go-Jek, sementara Thomas Husted dari Kartuku akan menjabat Chief Financial Officer (CFO).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...