Jokowi Targetkan Rel Ganda dan Bandara Sukabumi Rampung 2020

Ameidyo Daud Nasution
15 Desember 2017, 17:04
Joko Widodo pembangunan jalur ganda kereta api
ANTARA FOTO/Budiyanto
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (kiri) dan Anggota DPR Dewi Asmara (kedua kiri), saat meninjau proyek pembangunan jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/12).

Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan dua proyek infrastruktur transportasi di Sukabumi bisa rampung pada 2020 mendatang. Kedua infrastruktur tersebut adalah rel kereta ganda (double track) Bogor - Sukabumi serta Bandara Sukabumi.

Jokowi mengatakan hal tersebut dalam peletakkan jalur ganda Bogor - Sukabumi. Dirinya memerintahkan pembangunan segera dilakukan agar kemacetan ruas dua kota ini segera dikurangi. Sedangkan untuk bandara, saat ini baru akan memulai proses pembebasan lahan.

"Saya perintahkan jalur ganda (rel kereta Bogor-Sukabumi) dimulai pekerjaannya," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jakarta, Jumat (15/12). (Baca: Menhub Targetkan Rel Ganda Bogor-Sukabumi Dibangun 10 November)

Selain dua infrastruktur tersebut, Presiden juga mengatakan bahwa tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) seksi I (Ciawi - Cigombong) akan selesai Maret 2018. Dia menjelaskan proyek tol ini sempat mangkrak selama 18 tahun dan telah berganti investor sebanyak empat kali. 

"Dari tahun 1997 sampai 2015 maju semeter pun tidak," ujarnya. Akhirnya, Jokowi meminta agar pekerjaan tol tersebut diambil oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pengerjaannya pun dimulai pada 2015.

Lalu lintas jalur Bogor Sukabumi ini sangat padat, makanya butuh jalan tol dan moda transportasi kereta untuk menguranginya. Jokowi bahkan sempat menceritakan dirinya yang menempuh jalur ini tanpa pengawalan saat belum menjabat sebagai Presiden.

Saking padatnya jalur tersebut, perjalanan 60 kilometer dari Bogor ke Sukabumi ternyata harus ditempuh dalam waktu waktu enam jam. Padahal menurut Jokowi, jarak tersebut seharusnya bisa ditempuh hanya dalam waktu 1,5 hingga 2 jam. (Baca: Pemerintah Akan Aktifkan Lagi Jalur Kereta Bogor-Cianjur-Bandung)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...