Sri Mulyani Dukung Daerah Jadi Kota untuk Dongkrak Ekonomi

Penulis: Desy Setyowati dan Rizky Alika

Editor: Martha Ruth Thertina

19/12/2017, 15.24 WIB

“Kami menginginkan sampai dengan tahun 2045, lebih atau mendekati 70% populasi akan tinggal di urban area.”

sri mulyani
Arief Kamaludin|Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendukung perubahan daerah menjadi kota alias ‘pengotaan’ atau urbanisasi. Namun, perubahan harus dilakukan secara terencana dan tertata sehingga berdampak positif terhadap perekonomian negara.

Dalam catatan Sri Mulyani, beberapa negara sukses melakukan urbanisasi sehingga ekonominya meningkat signifikan. "Seperti di Tiongkok, (urbanisasi) bahkan bisa menaikkan (ekonomi) hingga lebih dari 9%, di India 7%,” kata dia dalam seminar bertajuk 'Managing Urbanization for Sustainable Cities' di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (19/12). 

Ia menjelaskan, urbanisasi yang baik dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan, pembentukan tenaga kerja terampil, serta menurunkan pengangguran. Adapun agar hal tersebut tercapai, diperlukan pembangunan sarana dan prasarana secara merata dan berkelanjutan.

Atas dasar itu, ia pun menekankan pentingnya kepemimpinan yang solid di daerah guna menyukseskan urbanisasi. Apalagi, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran yang besar untuk pembangunan daerah melalui transfer ke daerah dan dana desa. Tahun ini, anggarannya mencapai Rp 766,34 triliun, sedangkan tahun depan Rp 766,16 triliun.

(Baca juga: SKB Empat Menteri Terbit, Rp 18 Triliun Dikucurkan untuk Pekerja Desa)

Ke depan, Sri Mulyani berharap urbanisasi yang baik bisa berkembang di Indonesia, sehingga lebih banyak masyarakat menikmati dampak positifnya.“Kami menginginkan untuk Indonesia sampai dengan tahun 2045, lebih atau mendekati 70% populasi akan tinggal di urban area (area perkotaan),” ucapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan