Harbolnas Tarik Minat Masyarakat Luar Jawa Belanja Online

Pingit Aria
21 Desember 2017, 14:34
Harbolnas 2017
Donang Wahyu|KATADATA

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2017 lalu memecahkan rekor nilai transaksi mencapai Rp 4,7 triliun. Torehan itu meningkat Rp 1,4 triliun dibanding gelaran tahun 2016 lalu.

Perusahaan riset Nielsen Indonesia yang didaulat sebagai konsultan Harbolnas menyatakan bahwa 80% atau sekitar Rp 3.76 triliun transaksi masih berasal dari pembeli yang berdomisili di Jawa. Meski, ada peningkatan signifikan dari para pembeli di luar Jawa.

Director Consumer Insight Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri menyatakan, terjadi pertumbuhan sebesar 82% di luar Pulau Jawa, lebih banyak dari Pulau Jawa yang hanya 35%. “Ini menunjukkan indikasi harapan kita untuk mencapai jangkauan luas bisa menjawab objektif yang signifikan,” ujarnya, Selasa (19/12) malam lalu.

Grafik: Transaksi Ajang Belanja Online Nasional (2012-2017)

Nielsen juga mencatat, 68% masyarakat yang berbelanja di Harbolnas adalah pembeli regular. Selain itu 27% lainnya pernah berbelanja online, namun baru pertama kali mengikuti Harbolnas. Terakhir, ada 5% pembeli yang benar-benar pertama kali bertransaksi secara digital.

“Artinya, Harbolnas dianggap mampu memicu orang yang belum pernah belanja secara online untuk melakukan transaksi digital,” kata Rusdy.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...