Penerbitan Saham Baru Medco Cetak Kelebihan Permintaan 0,45 Kali

Penulis: Arnold Sirait

21/12/2017, 18.30 WIB

Penerbitan saham baru Medco mengalami kelebihan permintaan 0,45 kali dari target perolehan dana Rp 2,64 triliun.

Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco Energi Internasional Tbk telah merampungkan proses penerbitan saham baru atau rights issue  melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Permintaan yang masuk untuk saham baru perusahaan energi swasta nasional ini lebih tinggi 45% dari target Rp 2,64 triliun atau US$ 195 juta atau kelebihan permintaan 0,45 kali.

Presiden Direktur MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan, penerbitan saham baru ini bisa memperkuat struktur permodalan perseroan. Aksi ini juga akan memberikan landasan kuat bagi perusahaan meningkatkan kemampuan pendanaannya.

Capaian itu juga menunjukkan adanya kepercayaan dan keyakinan terhadap rencana bisnis MedcoEnergi. “HMETD ini memungkinkan pemegang saham yang ada untuk berbagi kesuksesan perusahaan,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Kamis (21/12).

Dana hasil penjualan saham baru ini akan digunakan untuk melunasi utang, sementara itu dana hasil pelaksanaan waran akan digunakan untuk modal kerja dan pembayaran utang. Proses penjatahan final beserta pengembalian kelebihan dana dari hasil perdagangan, akan berakhir pada tanggal 27 dan 28 Desember 2017.

Periode pertama pelaksanaan waran akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2018 dengan harga Rp 625 per waran. Informasi lebih lanjut tersedia di media massa maupun prospektus Perusahaan.

Di sisi lain, selama semester I tahun 2017, pendapatan Medco mencapai US$ 403,5 juta. Capaian ini lebih tinggi 54,3% dari semester I tahun 2016.

(Baca: Harga Minyak Naik, Laba Medco Semester I Melonjak 7 Kali Lipat)

Sementara itu laba bersih dari operasi selama enam bulan pertama tahun ini adalah US$ 80,7 juta. Angka ini meningkat dari perolehan periode yang sama  tahun lalu yakni US$ 11,3 juta.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan