Penduduk Miskin Berkurang 1,19 Juta Orang, Terbanyak dalam 7 Tahun

Michael Reily
2 Januari 2018, 15:55
Kemiskinan
Arief Kamaludin|KATADATA
Aktivitas warga di pemukiman padat penduduk Kampung Dao, Jakarta. Upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di dunia lebih banyak didorong oleh kawasan Asia Timur dan Pasifik, terutama Cina, Indonesia, dan India.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia per September 2017 sebanyak 26,58 juta orang atau sebesar 10,12% dari total populasi. Sedangkan pada enam bulan sebelumnya yaitu per Maret 2017, BPS mencatat ada 27,77 juta orang miskin atau atau 10,64% dari total populasi Indonesia.

Artinya, ada 1,19 juta orang yang terangkat dari garis kemiskinan sejak Maret 2017. “Ini juga merupakan penurunan tertinggi selama 7 tahun terakhir,” kata Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Selasa (2/1).

Pria yang akrab disapa Kecuk ini menyatakan ada tiga faktor yang menyebabkan penurunan jumlah penduduk miskin pada periode tersebut. Pertama, inflasi periode Maret-September 2017 hanya sebesar 1,45%.

Kecuk menilai pemerintah berhasil mengendalikan gejolak harga komoditas pangan. “Sehingga, laju kenaikan garis kemiskinan bisa ditekan dan daya beli masyarakat bisa terbantu,” ujarnya.

(Baca juga:  Pemerintah Siapkan 281 Ribu Agen untuk Bantuan Pangan Non-Tunai)

Kedua, berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), program Beras Sejahtera (Rastra) bisa disalurkan kepada sekitar 30% rumah tangga. "Salah satu faktor juga adalah penyaluran kepada rumah tangga penerima manfaat," ujar pria yang akrab dipanggil Kecuk.

Terakhir, pada periode yang sama, kenaikan upah nominal harian buruh tani 1,5% dan buruh bangunan 0,78%, serta peningkatan upah riil buruh tani sebesar 1,05%, meski upah riil buruh bangunan menurun 0,66%. "Banyak faktor yang saling berkaitan untuk mengentaskan tingkat kemiskinan di Indonesia," kata Kecuk.

Dilihat per daerah, BPS juga mengungkapkan, prosentase penduduk miskin paling tinggi di Maluku dan Papua, yakni 21,23% dengan jumlah 1,52 juta orang. Sementara yang paling kecil prosentasenya  ada di Pulau Kalimantan dengan prosentase 6,18% atau 980 ribu penduduk.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...