Kementerian ESDM Belum Tentukan Waktu Subsidi Langsung Elpiji 3 Kg

Anggita Rezki Amelia
3 Januari 2018, 11:29
Gas Elpiji 3 kg Langka
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Warga Palu, Sulawesi Tengah, memburu elpiji 3 kilogram dalam operasi pasar pada Selasa (5/12).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan pemerintah tidak akan mencabut subsidi elpiji tiga kilogram. Selain itu, tidak ada rencana menaikkan harga elpiji yang masih disubsidi tersebut. Penegasan ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial untuk membantah kabar palsu (hoaks) mengenai elpiji yang tengah beredar di masyarakat.

Ego berharap masyarakat tak resah karena menerima informasi yang menyesatkan mengenai pencabutan subsidi elpiji 3 kilogram. "Jangan ada keresahan di masyarakat (karena menerima informasi salah) bahwa pemerintah di awal tahun ini mencabut subsidi," kata dia, Selasa (2/1).

Advertisement

Yang akan dilakukan pemerintah, menurut Ego, adalah memberlakukan subsidi langsung elpiji 3 kg. Program ini akan dikoordinasikan dengan Kementerian Sosial. Namun, belum ada kepastian waktu penerapan model baru penyaluran subsidi tersebut. "Kami belum tahu kapan," katanya.

(Baca: Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemerintah Siap Tambah Pasokan)

Selain tidak mencabut subsidi, pemerintah mengimbau agar masyarakat mampu seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak menggunakan elpiji bersubsidi, sebab elpiji 3 kg hanya diperuntukkan untuk orang miskin.

"Kementerian ESDM mengimbau dan sosialisasi agar masyarakat mampu tidak mengkonsumsi LPG 3 kg, sehingga subsidi bisa lebih tepat sasaran dan tidak terjadi pembengkakan subsidi yang membebani keuangan negara," kata Ego.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement