Bulan Ini, Pemerintah Lelang Blok Migas yang Tak Laku 3 Tahun Terakhir

Anggita Rezki Amelia
3 Januari 2018, 19:37
Blok migas
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang beberapa blok minyak dan gas bumi (migas) pada bulan ini.  Blok yang dilelang itu merupakan wilayah kerja yang sudah pernah dilelang pada tahun-tahun sebelumnya tapi tidak laku.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan jumlah blok yang akan dilelang itu bisa melebihi 20 blok migas. Blok-blok tersebut adalah blok migas yang tidak laku dilelang pada beberapa tahun ke belakang sejak 2015 hingga 2017.

Selain blok migas yang tidak laku, pemerintah juga akan melelang blok migas yang sudah diterminasi. Dengan begitu Arcandra memprediksi akan ada banyak blok yang akan dilelang nantinya. 

Menurut Arcandra, pekan depan Kementerian ESDM akan membahas persiapan lelang tersebut. Ini penting untuk menentukan blok-blok mana saja yang siap untuk dilelang kepada investor. "Lelang dengan Gross Split semua. Januari juga lelangnya," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (3/1).

Arcandra memperkirakan lelang blok migas tahun ini akan dilakukan dalam beberapa tahap. Apalagi aturan pajak Gross Split yang selama ini ditunggu investor telah terbit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...