Wagub Jakarta Kaji Permintaan Jokowi untuk Subsidi Kereta Bandara

Dimas Jarot Bayu
3 Januari 2018, 13:51
Sandiaga Uno
Arief Kamaludin | Katadata

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji akan menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk subsidi tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Sandiaga mengaku jajarannya sedang mengkaji opsi tersebut.

"Kami menanggapi secara positif. Ini perintah presiden, kami tindak lanjuti dan sekarang kami sedang mengkaji bagaimana opsi-opsinya," kata pria yang akrab disapa Sandi ini di Balai Kota Jakarta, Rabu (3/1).

Menurut Sandi, permintaan Jokowi terkait subsidi dilakukan agar masyarakat mampu beralih menggunakan transportasi massal menuju bandara. Selama ini, lanjutnya, masyarakat yang bepergian dari atau menuju bandara kerap menggunakan kendaraan pribadi.

"Tentunya kami ingin ada integrasi dengan moda transportasi dan tim akan segera dibentuk untuk mengkaji ini," katanya.

Selain itu, Sandi juga mengaku akan berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI terkait subsidi kereta bandara. Menurut Sandi, hal ini dilakukan mengingat pengeluaran anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus juga mendapat lampu hijau DPRD.

"Anggaran tentunya harus disetujui oleh DPRD juga," kata Sandiaga.

Jokowi sebelumnya meminta agar Pemprov DKI memberikan subsidi agar harga tiket kereta bandara tidak terlalu mahal bagi masyarakat. Hal itu disampaikan Jokowi usai meresmikan dan mencoba kereta dari Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru, Selasa (2/1).

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...