Ada Bansos dan Dana Desa, Bappenas Yakin Kemiskinan Turun ke Bawah 10%

Rizky Alika
4 Januari 2018, 16:08
Kemiskinan
Arief Kamaludin|KATADATA

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro meyakini tingkat kemiskinan bisa turun ke bawah 10% dari total penduduk. Optimisme tersebut lantaran melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa tingkat kemiskinan telah menyusut ke level 10,12% pada September 2017.

“Saya pikir angka tahun kemarin 10,12% yang dirilis BPS per September itu adalah modal awal yang sangat bagus untuk kita punya angka kemiskinan yang single digit,” kata Bambang di Kantor Bapennas, Kamis (4/1). (Baca juga: Penduduk Miskin Berkurang 1,19 Juta Orang, Terbanyak dalam 7 Tahun)

Menurut dia, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat kemiskinan. Salah satunya yaitu menyalurkan bantuan sosial secara tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu, terutama untuk bantuan beras murah alias beras sejahtera (rastra). Maka itu, pemerintah menerapkan program bantuan pangan non-tunai.

“(Program) ini akan lebih memudahkan akses dari masyarakat yang masih tergolong miskin (terutama) di wilayah timur untuk bisa segera mendapatkan bantuan beras atau bahan pangan yang dibutuhkan lainnya,” kata dia. (Baca juga: Terima Dana Rp 81,7 Triliun dari Pusat, Maluku dan Papua Masih Miskin)

Bambang menjelaskan, untuk semakin menekan kemiskinan, bantuan sosial selain pangan juga perlu didorong agar tepat sasaran, misalnya bantuan kesehatan, pendidikan, dan listrik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...