Sempat Bimbang, Megawati Akhirnya Restui Djarot Ikut Pilgub Sumut

Dimas Jarot Bayu
4 Januari 2018, 16:39
Megawati
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ketua Umum PDIP Megawati sempat bimbang mencari sosok dalam Pilgub Sumut.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebagai calon gubernur Sumatera Utara dalam Pilkada 2018. Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri mengatakan, awalnya ia sempat bimbang dan kesulitan mencari sosok yang akan diusung partainya. Alasannya, Gubernur di Sumut kerap kali tersangkut permasalahan hukum.

"Kenapa ya saya tidak srek terus kalau mau ambil di Sumut kalau saya lihat begitu banyak peristiwa?" kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (4/1). Pengusungan Djarot disampaikan di tengah pengumuman rekomendasi calon gubernur Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Lampung.

(Baca: Tak Mau NU Pecah, Yenny Wahid Tolak Pinangan Prabowo di Pilgub Jatim)

Megawati mengatakan, Sumut merupakan provinsi yang penting dan strategis. Presiden RI Joko Widodo pun bahkan sedang berjuang membuat Sumut sebagai pusat kemajuan perekonomian nasional. Di antaranya, dengan membangun Pelabuhan Kuala Tanjung dan Bandara Internasional Kuala Namu. Selain itu, pemerintah juga mendorong pengembangan wilayah Danau Toba dan Samosir sebagai pusat warisan dunia dan tujuan wisata.

Belakangan Megawati menyadari Djarot yang cukup dekat dengannya, sebagai calon yang cocok untuk maju dalam ajang pilgub di Sumut. Selain itu, Megawati pun menilai Djarot sebagai sosok yang mempunyai kompetensi dan kapabilitas yang baik untuk memimpin suatu daerah.

"Orang yang bagus, orang yang sangat serius, orang yang menurut saya pasti akan bisa, tidak perlu panjang lebar saya akan masukkan Pak Djarot ke sana," kata Megawati.

(Baca: Calon Tunggal dalam Pilkada 2018 Diprediksi Meningkat)

Megawati pun telah memerintahkan Djarot yang merupakan petugas partai untuk maju di Pilkada Sumut. Atas perintah tersebut, Djarot pun langsung menerima pinangan dari Megawati tersebut.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...