Sukseskan OK-OTrip dan Rumah DP Nol Rupiah, Anies Minta Dukungan BI

Desy Setyowati
5 Januari 2018, 14:15
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/10).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Kantor Bank Indonesia (BI) pada Jumat (5/1). Salah satu agendanya adalah meminta dukungan Gubernur BI Agus Martowardojo terkait program OK-OTrip. Dalam pertemuan itu juga dibahas soal kredit rumah dengan uang muka nol rupiah.

Program OK-OTrip merupakan program yang bertujuan mengintegrasikan transportasi di Jakarta. Nantinya, masyarakat hanya perlu membayar secara non-tunai dengan kartu OK-Trip sebesar Rp 5.000 untuk satu kali jalan.

Advertisement

Anies berharap kartu OK-OTrip agar bisa tersambung dengan sistem perbankan, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengisi ulang kartu tersebut.

"Kami memerlukan dukungan BI agar program OK-Otrip yang menggunakan kartu bisa tersambungkan dengan sistem perbankan dan sesuai dengan seluruh peraturan yang ada di BI," kata dia di Gedung BI, Jakarta, Jumat (5/1).

Rencananya, pilot project alias percontohan program OK-OTrip bakal diluncurkan Anies pada 15 Januari 2018 mendatang. Adapun kartu OK-Trip akan dipasarkan di halte Transjakarta dan outlet-outlet yang bekerja sama dengan Transjakarta.

"Tentu di dalam pilot (project) itu adalah kesempatan kami untuk mengecek seperti apa pelaksanaan di lapangan?" kata dia.

Selain program OK-OTrip, Anies juga mengaku membahas mengenai upaya untuk mempermudah pembayaran pajak oleh warga DKI Jakarta, misalnya dengan mengupayakan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) langsung ke kas negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement