President University Sediakan Rp 66 Miliar Beasiswa Lewat Ruangguru

Michael Reily
11 Januari 2018, 07:00
Kejuruan
ANTARA FOTO/Moch Asim
Sejumlah siswa mengerjakan soal pelajaran produktif teknik audio video (TAV) saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan di SMK Negeri 2 Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/4).

President University berkolaborasi dengan Ruangguru untuk menyediakan beasiswa sebesar Rp 66 miliar. Targetnya, beasiswa akan diberikan kepada 1.440 pelajar kelas XII yang berprestasi lewat fitur ujian online Ruangguru.

Direktur Office of Admission President University Agus Canny menyatakan, seleksi online merupakan metode untuk menjangkau lebih banyak pelajar. “Kami memilih Ruangguru, karena platform ujian ini memiliki teknologi dan dapat diakses secara nasional,” kata Agus dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (10/1).

Menurut Agus, seleksi secara online dapat membuka kesempatan ke seluruh pelajar di Indonesia baik yang di kota besar maupun daerah pelosok agar bisa masuk ke perguruan tinggi yang baik dan berkualitas. President University yang terletak di Jababeka, Bekasi menyediakan 13 jurusan yang dapat dipilih.

Selain itu, berbagai industri di Kawasan Industri Jababeka juga telah aktif mendukung beasiswa kuliah di President University dengan sistem penerimaan offline. Alasan kolaborasi dengan Ruangguru pun karena jumlah penggunanya mencapai 6 juta pelajar.

(Baca juga: Ruangguru, Startup Pendidikan Kebanggaan Jokowi Incar Status Unicorn)

Sementara, Ruangguru bakal menjadi penyelenggara seleksi online secara eksklusif untuk calon penerima beasiswa kuliah di President University. “Masalah yang paling sering dikeluhkan pengguna adalah ketika akan memasuki dunia perguruan tinggi, biaya kuliah yang cukup mahal,” kata Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Iman Usman.

Sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) Ruangguru Belva Devara menekankan bahwa sektor pendidikan memiliki potensi bisnis yang besar. Dia optimistis bakal meningkatkan pengguna Ruangguru mencapai lebih dari 10 juta orang pada 2018.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...