Produksi Kilang Donggi Senoro Lampui Target Tanpa Kecelakaan Kerja

Arnold Sirait
11 Januari 2018, 14:27
Migas
Dok. Chevron
ilustrasi

PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) mencatat beberapa hasil kinerja dari kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) sepanjang tahun 2017. Perusahaan ini mengklaim mampu mempertahankan kinerja operasional maupun sosial.

Salah satu kinerja operasional itu adalah produksi LNG. “Tiga tahun beroperasi, Kilang Donggi Senoro LNG memantapkan kinerja produksi dengan pencapaian tahun 2017 yang kembali melampaui target,” ujar Direktur Urusan Korporasi DSLNG Aditya Mandala berdasarkan keterangan resminya, dikutip Kamis (11/1).

Manajemen Donggi enggan menyebut jumlah produksi LNG tahun lalu. Namun, dengan kapasitas produksi sebesar dua juta ton per tahun, kilang Donggi Senoro LNG mampu mengirimkan sekitar 36 kargo LNG per tahun.

Tidak hanya tahun 2017, periode sebelumnya, produksi kilang Donggi Senoro juga berhasil melampaui target. Kilang ini tahun lalu mampu memproduksi LNG sebesar 2.2 juta ton dari rencana 2 juta ton.

Kilang LNG yang pertama kali menggunakan skema hilir ini berproduksi pada Juni 2015. Pengapalan perdana kargo LNG ini diresmikan Presiden Joko Widodo 2 Agustus 2015. Kargo perdana LNG dengan volume sekitar 125,000 meter kubik (M3) ini dikirim ke Terminal Penerima dan Regasifikasi Arun di Nanggroe Aceh Darussalam.

Sejauh ini memang baru dua kargo yang diserap pasar domestik. Selain kargo perdana yang dikirim ke Arun tahun 2015 lalu, ada juga yang diserap Nusantara Regas untuk kebutuhan pembangkit listrik di Jawa bagian Barat.    

Namun, ke depannya, jika potensi kebutuhan domestik masih ada, diharapkan tetap memenuhi keekonomian dalam segi harga. Apalagi, jika pembeli jangka panjang tidak mengambil kargo sehingga tersedia kargo LNG untuk pasar spot maka akan ditawarkan terlebih dulu ke konsumen domestik.

Saat ini, Donggi Senoro juga menjual LNG ke luar negeri. DSLNG telah menandatangani komitmen pengiriman LNG jangka panjang kepada tiga pembeli, yakni Chubu Electric, Kyushu Electric dan Korea Gas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...