Alasan Golkar Tunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR

Dimas Jarot Bayu
15 Januari 2018, 10:55
Penunjukan Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdiskusi dengan calon Ketua DPR dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo disela pengumuman calon ketua DPR dari Fraksi Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/1).

Partai Golkar secara resmi menunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI, Senin (15/1). Bambang menggantikan Setya Novanto yang mengundurkan diri setelah menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Secara resmi kami sampaikan keputusan dari DPP tentang penetapan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (15/1).

Airlangga mengatakan, pemilihan Bambang sebagai Ketua DPR dengan pertimbangan pengalamannya yang panjang dalam proses politik maupun sistem kelembagaan di DPR. Selain itu, Bambang dianggap memiliki ide dan gagasan yang baik.

Alasan lainnya, Bambang dipilih karena dirinya merupakan mantan wartawan sehingga diharapkan mampu membangun komunikasi yang baik dengan seluruh elemen di parlemen.

"Diharapkan agar mempunyai komunikasi yang baik dengan teman-teman media dan bahasa dengan media menggunakan bahasa yang sama," kata Airlangga.  (Baca: Kandidat Kuat Pengganti Setnov, Bambang Soesatyo Sudah Lama Digadang)

Airlangga mengatakan, tidak mudah memilih Ketua DPR saat ini karena tahun ini memiliki agenda politik pemilihan kepala daerah serentak yang akan membuat dinamika politik meningkat.

DPR juga mendapatkan sorotan yang luas karena kepercayaan publik cukup rendah. Sehingga, DPR saat ini bukan pada posisi menguntungkan.

Karenanya, Airlangga berharap terpilihnya Bambang dapat meningkatkan kinerja DPR. Bambang juga diharapkan mampu meningkatkan citra kelembagaan DPR dan memperoleh kepercayaan publik.

"Terutama untuk perwakilan yang dapat mencerminkan efektivitas, produktivitas, dan aspiratif agar dapat berwibawa dan bermanfaat di mata publik," kata Airlangga.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...