Jokowi Minta Setiap Konflik Agama Harus Cepat Diselesaikan

Ameidyo Daud Nasution
15 Januari 2018, 22:26
Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan, Indonesia merupakan negara yang besar yang hidup dalam keberagaman, karena memiliki lebih dari 1.100 bahasa daerah dan 714 suku. Jokowi mengatakan setiap persoalan karena masalah keragaman diharapkan segera diselesaikan.

Jokowi mengingatkan pesan menjaga keragaman yang pernah disampaikan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. "Cepat, cepat, cepat, dan cepat diselesaikan," kata Jokowi, saat membuka Muktamar XII Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman) di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Senin (15/1).

Advertisement

Jokowi mencontohkan konflik di Afghanistan tidak selesai hingga puluhan tahun, padahal konflik hanya dimulai dari perseteruan dua dari tujuh suku yang ada di negara tersebut. Indonesia yang lebih beragam memiliki tantangan untuk hidup rukun.

(Baca: Pesan Jokowi untuk Timnas Sepakbola di Stadion GBK yang Baru)

“Kuncinya, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk menjadi pegangan,” kata Jokowi.

Dalam acara muktamar tersebut, Jokowi juga menyampaikan rasa bahagianya dapat menghadiri Muktamar yang ke-12 JATMAN, bertemu dan bersilaturahim dengan ulama yang datang dari seluruh tanah air, serta mancanegara.

“Saya percaya ketika seseorang mendalami agama Islam, apa yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW, maka orang tersebut akan menjaga persaudaraan,” kata Kepala Negara.

(Baca: Jokowi Buka Peluang Kenaikan Dana Program Keluarga Harapan)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement