IHSG dan Kapitalisasi Pasar Cetak Rekor Tiga Hari Berturut-turut

Image title
18 Januari 2018, 19:38
IHSG Naik
Arief Kamaludin|KATADATA

Selama tiga hari berturut-turut, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melampaui rekor tertinggi sepanjang masa. Pada perdagangan hari ini, IHSG ditutup di level 6.472, menguat 0,43 persen dari rekor perdagangan hari sebelumnya di 6.444. Selasa lalu, IHSG sudah memecahkan rekor di level 6.429.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee menilai banyak faktor yang mempengaruhi pasar seiring menguatnya indeks dalam tiga hari terakhir. Pertama, derasnya dana asing yang mulai masuk ke pasar modal Indonesia. Sejak awal tahun ini dana asing yang masuk (capital inflow) sudah lebih dari Rp 5 triliun.

(Baca: Banjir Dana Asing, Nilai Tukar Rupiah Menguat di Awal Tahun)

Kedua, ekspektasi investor bahwa laba korporasi semakin membaik. “Ketiga, ada sentimen juga minyak dunia naik lumayan. Ada beberapa penguatan juga di beberapa komoditas. Sehingga saham-saham komoditas itu mengalami perbaikan," ujarnya kepada Katadata, Kamis (18/1).

Harga komoditas minyak bumi membaik, menyusul Rusia dan organisasi produsen minyak dunia (OPEC) membatasi produksi. Produksi minyak Amerika Serikat (AS) juga turun karena musim dingin. Hans Kwee juga menilai induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mulai terbentuk, menjadi sentimennya positif bursa saham.

"Kami melihat holding BUMN ini menyebabkan efisiensi antar-BUMN dan mereka tidak perlu bersaing antar-BUMN tetapi terjadi kolaborasi," tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...