Kursi Golkar Bertambah di Kabinet, PDIP Anggap Konsolidasi Jelang 2019

Dimas Jarot Bayu
18 Januari 2018, 17:58
Munaslub Golkar 2017
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di Jakarta, Senin (18/12).

Perombakan ulang (reshuffle) yang dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1) lalu memberikan jatah tambahan kursi Golkar di kabinet. Sekretaris Jenderal DPP Golkar Idrus Marham yang dilantik sebagai Menteri Sosial membuat partai berlambang beringin itu memiliki tiga kursi dalam kabinet.

Selama ini, Golkar hanya memiliki dua kursi menteri yang diemban oleh Airlangga Hartarto dan Luhut Binsar Pandjaitan. Airlangga yang menjadi Ketua Umum Golkar tak terdepak dari kursi Menteri Perindustrian saat reshuffle meski melakukan rangkap jabatan.

Advertisement

PDIP menyatakan tak masalah dengan bertambahnya kursi menteri bagi Golkar. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi telah melalui pertimbangan strategis terhadap konfigurasi kabinet.

(Baca: Alasan Jokowi Pertahankan Airlangga Meski Jabat Ketum Golkar)

Menurut Hasto, PDIP tidak memandang setiap menteri yang dipilih Jokowi dari latar belakang partai politiknya. PDIP menganggap sosok terpilih merupakan pembantu presiden yang harus bekerja mensukseskan pemerintahan.

"Kami berikan dukungan pada kebijakan pemerintahan Pak Jokowi apapun. Reshuffle hak Presiden," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (18/1).

Hasto mengatakan, ditambahkannya kursi Golkar dalam kabinet sebagai upaya mematangkan konsolidasi politik jelang Pilpres 2019. Alasannya, Jokowi membutuhkan dukungan yang kuat dari parlemen, dan Golkar memiliki posisi yang signifikan.

Selain itu, Golkar merupakan partai pendukung pemerintah yang memiliki perolehan kursi kedua terbanyak setelah PDIP. Saat ini perwakilan menteri dari PDIP di kabinet Jokowi sebanyak lima orang.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement