Pertamina Incar Jadi Operator Blok Baru di Aljazair

Anggita Rezki Amelia
19 Januari 2018, 11:20
Pertamina Targetkan Produksi Naik 7,5 Persen.jpg
KATADATA/

PT Pertamina (Persero) kini mengincar salah satu blok minyak dan gas bumi (migas) di Aljazair. Bahkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini berminat menjadi operator dan menggandeng perusahaan lokal, Sonatrach di blok baru tersebut.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan pengelolaan blok di Aljazair ini untuk mendukung ketahanan energi nasional. Apalagi produksi migas dalam negeri masih kecil, tapi permintaan terus meningkat.

Adapun, peluang menjadi operator ini karena ada tawaran dari Sonatrach. "Dia mau kami jadi operator. Mereka hanya ikut investasi,"kata Elia di DPR, Jakarta Kamis malam (18/1).

Elia masih belum mau menyebut nama blok tersebut. Yang jelas, blok tersebut lokasinya berdekatan dengan wilayah kerja yang sudah dikelola Pertamina. Sehingga produksinya bisa digabungkan.

Untuk mengelola blok ini, PT Pertamina hanya mengeluarkan dana sesuai dengan porsi yang dimiliki. “Jadi kami bayar kayak model signature bonus. Investasi tergantung proporsi saham, dan langsung masuk investasi,"kata Elia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...