Rekor 4 Hari, Kenaikan IHSG Diperkirakan Terhenti Pekan Depan

Image title
19 Januari 2018, 17:20
ihsg turun
Agung Samosir|KATADATA

Setelah tiga hari menguat dan memecahkan rekor tertinggi, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan berbalik sepekan ke depan. Analis memperkirakan akan adanya aksi ambil untung (profit taking) setelah kenaikan indeks kemarin.

"Kenaikan dalam beberapa hari terakhir, ada pihak-pihak yang memanfatkan untuk profit taking," ujar Analis Binaartha Sekurita Reza Priyambada kepada Katadata, Jumat (19/1). (Baca: IHSG dan Kapitalisasi Pasar Cetak Rekor Tiga Hari Berturut-turut)

Advertisement

Dalam tiga hari kemarin IHSG telah melaju dan terus mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia. Pada perdagangan kemarin (18/1), IHSG ditutup di level 6.472, menguat 0,43 persen dari rekor perdagangan hari sebelumnya di 6.444. Selasa lalu, IHSG juga sudah memecahkan rekor di level 6.429.

Hari ini, indeks dibuka menguat di level 6.483. Hingga akhir sesi I, perdagangan Bursa Efek Indonesia turun sebanyak 22,832 poin atau 0,35 persen menjadi 6.449. Namun, kembali mengalami penguatan saat penutupan perdagangan sesi II pada level 6.490.

Meski masih menguat hingga perdagangan akhir pekan ini, Reza menilai potensi penurunan masih tetap ada pada perdagangan pekan depan. Dia melihat saat ini para pelaku pasar sudah ambil posisi untuk mengambil keuntungan.

"Karena peluang-peluangnya sudah banyak mengalami kenaikan, sehingga mereka untuk take profit dulu," ujarnya. (Baca: IHSG Tertinggi ke-4 Se-Asia Tenggara, JK Ingin Investor Domestik Naik)

Senada dengan Reza, Analis Danareksa Lucky Bayu menilai turunnya indeks pada sesi I perdagangan hari ini sudah menunjukan adanya gejala profit taking. Dia juga memprediksi IHSG akan terkoreksi pada perdagangan pekan depan. "Hari ini merupakan awal dari profit taking," ujar Lucky.

Analis teknikal Danpack Sekuritas Harry Wijaya melihat dari dua pola candlestick IHSG terakhir sudah mulai menunjukkan pola pembalikan arah. Dirinya sudah memprediksi peluang IHSG pada menutupan hari ini di kisaran 6.400-6.500. 

"Jadi, peluang koreksinya mungkin yang terdekat ada di 6.400. Paling resisten terdekatnya 6.500," ujarnya. (Baca: Jokowi : Ekonomi Indonesia Sehat, Tapi Belum Bisa Lari Kencang)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement