Terus Cetak Rekor, IHSG Tak Terpengaruh Shut Down Amerika

Image title
22 Januari 2018, 14:45
IHSG Naik
Arief Kamaludin|KATADATA

Mandeknya roda pemerintahan Amerika Serikat ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar modal Indonesia. Pada perdagangan sesi I hari ini Indeks Harga Saham Gabungan masih melaju dan terus mencetak rekor tertinggi sejak pekan lalu.

Pada perdagangan sesi I hari ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada level 6.511 atau naik 0,35 persen dari pembukaan pagi ini. Bahkan, IHSG sempat menyentuh angka 6.524. Ini merupakan level tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia.

Advertisement

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan gejolak yang terjadi di AS tidak berpengaruh pada indeks di Indonesia. Dia mencontohkan kasus yang sama pada 2013. Selama 14 hari pemerintah AS berhenti, indeks pasar saham Indonesia malah naik 4,7 persen.

"Jadi historically cuma satu-dua minggu, saya percaya tidak ada dampaknya terhadap pasar wilayah Indonesia," ujar Tito saat ditemui di Gedung iNews, Senin (22/1).

(Baca: IHSG dan Kapitalisasi Pasar Cetak Rekor Tiga Hari Berturut-turut)

Layanan publik pemerintahan AS berhenti beroperasi alias shut down sejak Jumat pekan lalu, setelah senat negara tersebut gagal menghasilkan kesepakatan terkait anggaran pemerintah. Akibatnya, pemerintah AS tak punya dana untuk menjalankan pemerintahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement