Aladin Coin, Pesaing Bitcoin yang Diklaim Punya Jaminan Bank

Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati - Rizky Alika
25 Januari 2018, 17:06
Bitcoin
Flickr.com

Perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS), Aladin Capital, memperkenalkan investasi berbasis cryptocurrency yakni Aladin Coin. Berbeda dengan investasi pada mata uang digital lain, Aladin Coin diklaim lebih aman karena memiliki jaminan bank.

Chief Operating Officer Aladin Capital, Eric Nguyen mengklaim perusahaannya memiliki jaminan dari HSBC senilai US$ 1 miliar. Dengan begitu, HSBC akan menjadi penanggung dari Aladin Capital sebagai nasabahnya, terkait perjanjian dengan pihak lain atau pembeli Aladin Coin.

"100% kami jamin coin kami," katanya saat pre-launch Aladin Coin di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (25/1). (Baca juga: Gelar Rapat Perdana, KSSK Pantau Ancaman Harga Minyak dan Bitcoin)

Eric juga mengklaim bahwa harga Aladin Coin akan lebih stabil Bitcoin, sebab pembelinya harus lebih dulu terdaftar sebagai member Aladin Capital. Jumlah ALadin Coin pun dibatasi sebanyak 21 juta saja di dunia, sama seperti Bitcoin. Adapun hingga saat ini, sudah Aladin Coin tertambang sebanyak 9 juta koin, paling banyak di Vietnam.

Cara menjadi member adalah dengan membeli produk investasi milik Aladin Capital. Terdapat delapan kategori member yang disediakan dengan pembelian paket investasi senilai US$ 180 hingga US$ 100.000. Pada masing-masing kategori, Aladin Capital menawarkan komisi sebesar 0,83% hingga 1% per hari.

"Membeli Aladin Coin bisa dimulai dengan US$ 1. Pada 2026, kami perkirakan harganya bisa mencapai US$ 10.000," ujar  Eric. (Baca juga: BI Siapkan Sanksi Dua Kafe Penerima Bitcoin di Bali)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...