Harga Pangan Naik, BI Pantau Inflasi Pekan IV Januari Melaju 0,73%

Rizky Alika
26 Januari 2018, 19:49
Pasar Induk Beras Cipinang
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah calon pembeli memilih beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Senin (7/8).

Kenaikan harga pangan tampaknya belum mereda. Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia (BI) hingga pekan keempat, inflasi bulanan berada di level 0,73% pada Januari 2018. Level tersebut lebih tinggi dibandingkan Desember 2017 yang sebesar 0,71%. 

"Kami sudah survei sampai Januari minggu keempat, itu inflasi ada di 0,73% tetapi ini adalah survei ya," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Kantornya, Jumat (26/1). 

Penyebab inflasi yaitu harga beras, daging ayam, dan holtikultura seperti cabai. Maka itu, ia menyambut baik kebijakan pemerintah yang mengimpor beras agar tidak terjadi kekurangan pasokan sehingga memicu kenaikan harga.

"Indonesia kan negara kepulauan. Kami mesti yakin bahwa beras didistribusikan ke semua provinsi, untuk meyakinkan tidak ada kekurangan,” ucapnya. (Baca juga: Bulog Hanya Impor Beras 261 Ribu Ton dari Vietnam dan Thailand)

Sebelumnya, Agus menyatakan optimismenya inflasi bakal lebih terkendali seiring panen raya yang segera terjadi. Ia pun berharap inflasi tahun ini bisa sesuai target yaitu 2,5% sampai 4,5%. (Baca 

Untuk itu, harga-harga yang diatur pemerintah (administered price) juga akan diupayakan untuk dijaga. "Kami jaga dan kami berkomitmen inflasi tidak melebihi 4-5%,” kata dia. (Baca juga: Gelar Rapat Perdana, KSSK Pantau Ancaman Harga Minyak dan Bitcoin)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...