Investasi Menggeliat, Ekonomi Tahun Ini Diprediksi Bisa Tumbuh 5,3%

Image title
Oleh Ekarina
5 Februari 2018, 17:28
Gedung konstruksi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pengerjaan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Pertumbuhan ekonomi pada 2017 mencapai 5,07%, atau hanya naik tipis dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 5,03%. Meski cenderung stagnan, para ekonom menyakini laju ekonomi pada tahun ini lebih tinggi hingga mencapai 5,3%. Optimisme ini ditopang oleh tingginya pertumbuhan investasi sejak kuartal IV 2017 dan perkiraan kenaikan konsumsi masyarakat yang ditopang oleh peningkatan harga komoditas.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa mencapai 5,3%. Peningkatan ini seiring dengan kenaikan investasi serta konsumsi dalam negeri.

Berkaca pada pertumbuhan ekonomi 2017, David menuturkan pertumbuhan ekonomi masih tergolong lemah dengan belanja pemerintah yang baru mencatat kenaikan pada semester II 2017. Selain itu, investasi yang sedikit lebih rendah dari ekspektasi, ekspor yang menurun serta konsumsi melemah turut menyebabkan pertumbuhan ekonomi 2017 masih sedikit di bawah perkiraan.

Meski begitu, membaiknya angka investasi di kuartal IV 2017 serta banyaknya sejumlah faktor yang menjadi katalis pertumbuhan konsumsi menjadikannnya sedikit optomistis terhadap pertumbuhan ekonomi tahun ini.

"Pertumbuhan ekonomi tahun ini menurut prediksi saya bisa tumbuh 5,3% dibanding tahun lalu," ujarnya kepada Katadata lewat sambungan telepon, Senin (5/2).

Pada tahun ini, dia mencatat setidaknya ada beberapa faktor kunci yang mampu mendorong pertumbuhan konsumsi. Pertama, momentum pilkada. Momen tersebut diperkirakan mampu meningkatkan konsumsi, belanja masyarakat serta belanja iklan. Hal ini dinilai mampu berkontribusi sekitar 0,1% terhadap pertumbuhan.

Kedua adalah dimulainya momentum ASIAN Games yang juga diharapkan memicu belanja iklan dan konsumsi. Ketiga, perbaikan harga komoditas akan mendorong perbaikan daya beli masyarakat sekitar dan konsumsi. Terakhir, mengenai upaya pemerintah menyeimbangkan  dana belanja infrastruktur dan dana sosial diharapkan mampu menjadikan daya beli masyarakat terkerek naik.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...