Jasa Marga Akan Mulai Bebaskan Lahan Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2018, 20:50
To Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menargetkan pembebasan lahan proyek jalan tol Jakarta - Cikampek Selatan akan segera dimulai. Hal ini seiring penetapan lokasi yang akan dipastikan keluar dalam waktu dekat ini. Targetnya pembebasan lahan bisa selesai tahun ini.

Komisaris Utama PT Jasa Marga Japek Selatan Reza Febriano mengatakan pembebasan lahan harus segera dimulai agar proses konstruksinya bisa dilakukan. Sampai sekarang anak usaha Jasa Marga ini belum juga melakukan lelang untuk menentukan kontraktor yang akan mengerjakan proyek tersebut.

Menurutnya lelang kontraktor proyek ini baru bisa dilakukan apabila lebih dari separuh lahan yang akan digunakan sudah dibebaskan. "Lelang kontraktor biasanya setelah 60 persen pembebasan lahannya selesai," kata Reza saat ditemui di Kantor Jasa Marga, Jakarta, Kamis (8/2).  

(Baca: Konsorsium Jasa Marga Menangkan Lelang Tol Jakarta - Cikampek II)

Setelah mendapatkan pemenang kontraktor, pengerjaan proyek Tol Jakarta-Cikampek Jalur Selatan ini bisa dilakukan. Reza  menargetkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) tol ini dapat dimulai pada akhir tahun ini. Sedangkan proyek tol Jakarta - Cikampek Selatan ini akan diselesaikan paling tidak selama dua tahun. "Tapi secepatnya akan kami mulai," kata Reza. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan pemerintah akan memastikan penetapan lokasi tol tersebut. Ini dilakukan agar pembebasan lahan dapat segera dilakukan dan pembangunannya dapat dimulai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...