Menhub Buka Kereta Bandara Setelah Ada Jaminan Tak Longsor

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2018, 08:40
Cuaca Ekstrem Indonesia
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah petugas gabungan dari badan SAR dan Pemadam Kebakaran Bandara Soetta mengevakuasi korban longsor tembok under pass perlintasan Kereta Bandara Soetta di kawasan Parimeter Selatan, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (5/2) malam.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta yang tutup pasca longsornya underpass di Bandara Soekarno-Hatta, dapat segera dibuka. Kereta bandara dapat segera beroperasi setelah ada jaminan bahwa lintasannya aman dari risiko longsor.

“Dari fakta di lapangan dan kasat mata maka kami lihat bahwasanya jalan kereta api bandara Soekarno-Hatta dapat dioperasikan segera,”  kata Budi usai meninjau lokasi longsor pada Rabu (7/2).

Hanya, ia juga tak ingin melakukan langkah gegabah dengan mengoperasikan kereta tersebut, tanpa masukan dari ahlinya. Apalagi, peristiwa longsor pada Senin (5/2) lalu itu menimbulkan korban jiwa. “Kami minta jaminan dari profesional ahli konstruksi, konsultan dan kontraktor sendiri agar hal ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Sedangkan untuk underpass di lokasi longsor, menurutnya belum dapat dibuka kembali dalam waktu dekat. “Untuk jalan underpass saya lihat fisiknya belum dapat dioperasikan kata dia.

(Baca juga:  KAI Tawarkan Keluarga Korban Longsor Bandara Soeta Jadi Karyawan)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...