Menhub Targetkan Lelang Operator Pelabuhan Patimban Juni 2018

Ameidyo Daud Nasution
13 Februari 2018, 14:56
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
ANTARA FOTO | Akbar Tado
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan proses prakualifikasi lelang operator pelabuhan Patimban akan dilakukan pada bulan depan. Saat ini Kementerian Perhubungan tengah melakukan persiapan untuk memulai proses tersebut.

"Maret nanti masuk prakualifikasi," kata Budi usai acara Pembekalan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Kementerian Perhubungan di Jakarta, Selasa (13/2). (Baca: Gubernur Jabar Ingin BUMD Ikut Kelola Pelabuhan Patimban)

Budi menjelaskan saat ini pihaknya sedang akan menyelesaikan Term of Reference (ToR) atau kerangka acuan kerja jelang lelang dimulai. ToR ini ditargetkan rampung bulan ini. Sedangkan proses lelangnya akan dimulai pada bulan Juni atau Juli 2018.

Dia juga beranggapan jangka waktu lelang ini masih cukup untuk mengejar tenggat beroperasi Pelabuhan Patimban tahun depan. Adapun pembangunannya akan dimulai bulan ini. Diharapkan dalam lima bulan ke depan akan ada operator yang siap menjalankan fungsinya di pelabuhan ini.

"Jadi total masih ada tujuh bulan sampai dengan beroperasi," katanya. (Baca: Pinjaman Jepang untuk Pelabuhan Patimban Mulai Cair Maret)

Salah satu perusahaan yang telah menyatakan berminat menjadi operator adalah PT Astratel Nusantara (Astra Infra). Astra menilai pembangunan pelabuhan yang terletak di Subang, Jawa Barat tersebut memiliki potensi yang baik untuk menunjang berbagai lini bisnis mereka, terutama otomotif.

Presiden Direktur Astra Infra Irawan Santoso menjelaskan rencana pembangunan paket pertama pada tahap 1-1 pelabuhan Patimban yang meliputi terminal kendaraan dan kontainer sebagai alasan ketertarikan Astra. Hingga saat ini otomotif masih jadi andalan bisnis Grup Astra.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...