Anak Usaha Emtek Grup Resmi Umumkan Akuisisi Situs Kapan Lagi

Penulis: Yuliawati

Rabu 14/2/2018, 20.51 WIB

Kapan Lagi akan memiliki dan memegang 99,9% saham di PT Liputan Enam Dot Com, yang membawahi Liputan6.com, Bintang.com, dan Bola.com.

Ponsel
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi akses pembaca ke media digital dengan menggunakan smartphone.

PT Kreatif Media Karya (KMK Online), anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk., (EMTEK), resmi mengumumkan rencana akuisisi PT Kapan Lagi Network (KLN). KMK akan menguasai 50% plus 1 saham di Kapan Lagi, perusahaan situs web yang berdiri sejak 2003.

Terkait dengan rencana akuisisi ini, Kapan Lagi akan menerbitkan sekitar 349.401 saham baru atau setara 50% plus 1 saham perseroan yang seluruhnya akan diambil bagian oleh KMK.

"Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk KMK atau anak perusahaan EMTEK Group untuk menambah kepemilikan saham mereka di perseroan," bunyi pengumuman tertulis Direksi PT Kapan Lagi, Rabu (14/2).

Akuisisi ini disertai sinergi unit usaha bisnis digital antara KLN dan KMK. Kapan Lagi akan memiliki dan memegang 99,9% saham di PT Liputan Enam Dot Com, anak usaha PT KMK Online, yang membawahi Liputan6.com, Bintang.com, dan Bola.com.

(Baca juga: Induk Usaha SCTV Incar Saham Kapanlagi.com dan Merdeka.com)

Dampak dari sinergi antara KLN dan KMK juga membuat perubahan struktur organisasi. Pendiri KLN, Steve Christian, akan menjabat sebagai Chief Operating Officer. Sementara President Director KMK Digital Media Group Karaniya Dharmasaputra menjabat sebagai Deputi COO.

KMK merupakan anak usaha Emtek Grup yang khusus bergerak di bidang media online digital. Selain memiliki KMK, Emtek Grup mengembangkan kegiatan usaha di bidang media baik melalui PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang mengoperasikan stasiun televisi free to air SCTV, Indosiar dan PT Indonesia Entertainment Grup.

Sedangkan Kapan Lagi Network merupakan portal berita entertainment terbesar di Indonesia. Saat ini, Liputan6 dan KapanLagi merupakan dua situs media yang masuk dalam lima besar trefik kunjungan pembaca media online.

CEO KMK Adi Sariaatmadja mengatakan KMK terus berkomitmen mengembangkan kegiatan usaha di bidang media. Dengan menjalin kemitraan strategis ini, Emtek Grup akan mengokohkan posisi situs-situs media elektroniknya melalui penambahan situs-situs di bawah KLN seperti: Kapanlagi.com, Merdeka.com, Bola.net, Vemale.com, Fimela.com, Brilio.net, Famous.id, dan Dream.co.id.

“Kami melihat masa depan media ada di sinergi TV dan media digital. Kemitraan ini diharapkan membuat KMK akan menjadi grup media digital yang memiliki media vertikal terlengkap—news, lifestyle, entertainment, dan sports—dengan jumlah pengguna millennial terbesar dan merupakan yang terdepan dalam teknologi dan konten multimedia dan video,” kata Adi.

Steve Christian mengatakan sinergi antara KMK dan Kapan Lagi akan menguntungkan kedua perusahaan. "Kami menjadi satu untuk menjadi nomer satu dengan menjangkau lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia," kata Steve.

Sebelum rencana akuisisi ini, Emtek telah mengembangkan Blackberry Messenger (BBM) yang ditujukan bukan hanya sebagai aplikasi pesan instan, tetapi juga penyedia berbagai macam konten. Beragam konten itu mulai dari berita sampai pemesanan tiket yang dikembangkan oleh Grup Emtek maupun kerja sama dengan pihak ketiga.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha